Cara Membuat Power Point Keren untuk Presentasi

Cara Membuat Power Point Keren untuk Presentasi - Membuat file untuk presentasi di Power Point itu memang sangatlah mudah, bahkan hampir semua orang mungkin bisa. Akan tetapi tidak semua orang membuatnya dengan bagus dan keren.

Cara Membuat Power Point Keren untuk Presentasi

Jika Power Point kamu kurang menarik atau tidak keren maka bukan tidak mungkin para audiens akan lebih cepat bosan atau tidak memperhatikan presentasimu.

Oleh karena itu kali ini saya berbagi tips membuat presentasi keren di Power Point. Karena sebuah presentasi dengan Power Point pengaruhnya akan sangat besar jika kamu membuatnya dengan asal-asalan. Simak yuk berikut ini!.


Cara Membuat Power Point yang Keren dan Menarik


1. Tuliskan poin terpenting saja

Power Point adalah aplikasi canggih dan keren dan pada dasarnya dibuat untuk menuliskan atau memberi gambaran hal-hal yang penting saja sehingga dalam suatu slide tidak terisi banyak tulisan atau gambar dan untuk menjelaskan semuanya seharusnya dijelaskan oleh presentator.

Hal ini akan jauh membuat presentasimu lebih bagus dan sesuai. Agar lebih sempurna lagi silahkan kamu atur cara bicara untuk menjelaskan apa yang ditampilkan pada Power Point didepan audiens. Selanjutnya agar lebih keren kamu bisa mengotak-atik sendiri bagian lainya seperti background font, dan sebagainya jika merasa kurang puas.

2. Sesuaikan ukuran atau resolusi

Sesuaikan ukuran resolusi slide untuk kamu buat sebagai presentasi dengan ukuran layar atau proyektor yang digunakan untuk menampilkan hasilnya nanti agar lebih bagus dan keren. Hal ini sangatlah penting meskipun masih banyak orang yang kurang memperhatikan hal ini.

Jika ukuran slide kamu terlalu besar bisa-bisa melebihi layar maka akan tidak pas dan ada bagian dari slide yang tidak tampil di layar, dan jika terlalu kecil maka akan ada ruang tersisa dan menjadikan presentasimu jauh dari kata keren. Oleh sebab itu usahakan hasilnya nanti bisa tampil memenuhi layar, selain akan lebih bagus juga akan membuat tulisan didalamnya tidak sumpek dan hasil Power Point lebih bagus.

Untuk mengatur resolusi atau ukuran slide berikut ini adalah caranya.

  1. Klik menu Design yang berada dibagian atas.
  2. Pilih Page Setup.
  3. Selanjutnya kamu sesuaikan sendiri, jika sudah klik OK.


3. Pilih tema

Pemilihan tema desain termasuk hal penting dalam hasil dari Power Point yang dibuat. Silahkan kamu lakukan saat akan menaruh point penting yang dibuat.

Cocokan tampilan desain slide dengan apa yang akan kamu bahas. Misalnya saja akan membahas tentang peperangan, kamu lebih cocok menggunakan tema yang bisa dipilih disana.

Cara memilih tema di Microsoft Power Point pada umumnya adalah Design yang ada pada bagian menu atas.


4. Ganti bullet-point dengan ikon

Jika ingin membuat tampilan lebih menarik mungkin kamu juga harus mencoba cara ini. Ganti saja bullet-point yang biasa digunakan untuk menandai dengan ikon atau gambar agar terlihat lebih cantik.

Kamu bisa mencari manual atau memanfaatkan shape pada Power Point. Sesuaikan ukuran serta kegunaan agar lebih enak dipandang oleh audiens.

5. Gunakan efek animasi

Salah satu keunggulan MS Power Point juga terletak pada animasi keren-keren tersedia untuk digunakan dalam menayangkan slide dan memberi efek bergerak pada objek.

Ada berbagai macam jenis animasi mulai dari animasi untuk objek seperti text, gambar, icon, hingga slide, dan dari pembukaan slide tersebut, kemudian pada pertengahan slide ditampilkan, lalu ada juga yang terakhir efek animasi yang bisa digunakan pada saat slide akan ditutup.

Kamu bisa mengandalkan ini untuk membuat presentasi yang lebih keren dan menarik perhatian dari audiens.

Namun juga perlu diperhatikan, jangan sampai berlebihan karena itu justru akan membuat hasil Power Pointmu membingungkan, membosankan, dan terlalu lebay. Gunakan saja seperlunya.

6. Manfaatkan Shapes, SmartArt, Charts, WordArt, Hyperlink dan lain-lain

Fitur-fitur pada Miscrosoft Power Point sangat beragam, mari manfaatkan sebaik mungkin. Salah satunya seperti Shapes, SmartArt, Charts, WordArt, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menggunakanya sesuai kebutuhan dengan lebih mudah dan terlihat keren. Buat presentasimu lebih menarik audiens dengan berbagai alat dan fitur pada MS Power Point.

Contohnya saja ingin menulis judul, kamu bisa menggunakan WordArt, ingin menggunakan tombol bisa memakai shape, membuat grafik dengan Charts, ataupun membuat menu atau tulisan yang apabila diklik agar menuju slide lain maupun menampilkan objek tertentu dengan hyperlink.

7. Tambahkan suara dan video jika perlu

Kali ini adalah hal yang cukup penting akan tetapi juga tidak wajib. Dalam sebuah presentasi suara mungkin bisa dijadikan pelengkap dari efek animasi, ataupun konten yang ada. Sedangkan video harus lebih melihat kepada materi.

Jika cocok dan sepertinya bagus untuk diberi video silahkan berikan saja agar hasil Power Point lebih keren.

Perlu diingat bahwa memberikan video dalam Power Point sebaiknya jangan yang berisi berupa penjelasan atau materi karena hal itu hampir sama dengan apa yang kalian jelaskan. Gunakan saja video yang berkaitan dengan materi tetapi bukan video yang berupa proses pengajaran.


Begitulah 7 poin penting yang dapat menjadikan presentasimu lebih menarik. Untuk menerapkan beberapa tips diatas kamu bisa mencari tutorialnya dari berbagai sumber.

Sekian dulu artikel mengenai tips atau cara sederhana yang bisa kamu terapkan saat akan membuat file presentasi pada Microsoft Power Point agar lebih keren. Semoga artikel ini dapat membantu, terima kasih.

Artikel Terkait

Pelajar SMA yang senang dengan olahraga, sasta dan teknologi

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan !
EmoticonEmoticon