Pilih Blogger atau Youtuber? Berikut Ini Perbandinganya

Tags

Pilih Blogger atau Youtuber? Berikut Ini Perbandinganya
Pilih Blogger atau Youtuber? Berikut Ini Perbandinganya - Internet saat ini sedang mengalami perkembangan yang luar biasa. Hampir semua orang disetiap penjuru dunia sangat membutuhkan untuk keperluan masing-masing.

Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan di Internet, termasuk sebagai tempat untuk berekspresi hingga tempat mencari penghasilan.

Ada banyak sekali profesi yang bisa kamu temui di internet, termasuk Blogger dan Youtuber.

Pada kesempatan ini saya juga akan membahas kedua profesi tersebut dari kelebihan dan rintangan yang harus dihadapi masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Seorang Blogger

Menjadi seorang Blogger itu sangatlah mudah. Terutama untuk membuat konten. akan tetapi juga memiliki kekurangan sendiri dibeberapa bagian. Berikut ini perbandingan antara keduanya.

Kelebihan seorang Blogger

Tidak perlu banyak modal
Menjadi seorang Blogger tidak perlu modal yang besar. Hanya sarana untuk mengakses internet mungkin sudah cukup.Bahkan menulis artikel hanya dengan HP dan komputer tidak ada bedanya.

Tidak perlu banyak waktu luang
Blogger lebih mudah dalam mencari kesempatan untuk mengupdate konten. Kemudahan mengakses dan konten yang hanya berupa tulisan menjadikanya lebih mudah. Hal tersebut juga menjadikan seseorang yang sibuk memilih menjadi seorang Blogger.

Tidak mengeluarkan banyak tenaga
Tenaga yang dibutuhkan tidak perlu banyak. Kamu bisa melakukan kegiatan ngeblog dengan bersantai dan tinggal mengetik saja tidak perlu bicara, apalagi berakting untuk membuat konten yang berkualitas. Tentu hal ini akan menghemat tenaga kamu dan lebih mudah dilakukan.

Panduan untuk belajar ngeblog sudah tersedia dimana-mana
Banyaknya panduan, dan informasi tentang blog menjadikan porfesi ini lebih mudah. Jika ada masalah sudah banyak jawaban yang tersedia di internet.

Tantangan jika menjadi seorang Blogger

Persaingan lebih sulit
Persaingan di dunia blog dan website sangatlah sulit jika dibandingkan dengan di Youtube. Itu karena jumlah Blog sangatlah banyak didunia ini dan membahas konten yang kebanyakan hampir sama antara yang satu dengan yang lain. Situs yang kecil akan sulit mendapatkan banyak pengunjung. 

Optimasi lebih sulit
Ribet. Itulah satu kata yang saya temui saat diawal-awal tau dunia blogging. Mengurus sebuah blog memiliki banyak sekali rintangan termasuk untuk mencari seorang pengunjung karena faktor yang mempengaruhinya sangat banyak. Mulai dari konten hingga tampilan. Berbeda dengan Youtuber yang hanya tidak perlu memikirkan tampilan halamanya. 

Tidak cocok untuk pemalas
Meski lebih terlihat lebih mudah dan nyantai, ternyata menjadi seorang Blogger itu juga harus rajin karena semakin jarang update maka pengunjung akan sulit untuk naik.

Lebih sulit untuk berpenghasilan
Menjadi seorang blogger lebih sulit untuk mencari penghasilan dibanding Youtuber. Mungkin itulah yang menyebabkan banyak jalan untuk menghasilkan uang dari blog, salah satunya hanya untuk tempat promosi produk.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Seorang Youtuber

Sangatlah berbeda dengan seorang Blogger, menjadi Youtuber mungkin terlihat lebih mudah atau sulit.

Silahkan baca berikut ini agar kamu lebih tau dan bisa membandingkan antara keduanya.


Kelebihan seorang Youtuber

Lebih mudah terkenal
Jika kamu pengen jadi artis di internet mungkin Youtube menjadi salah satu tempatnya. Konten video lebih menarik dibanding tulisan. Apalagi jika kamu memiliki berbagai ketrampilan khusus kamu bisa bisa mempublikasikanya dalam bentuk video dengan mudah.

Tidak perlu menulis artikel
Jelas seorang Youtuber tidak perlu menulis artikel. Bahkan tulisan yang dibuat hanya untuk seperlunya. Karena isi dari konten tersebut adalah video dan bukan tulisan.

Optimasi Video lebih mudah dibanding blog
Untuk optimasi sendiri caranya lebih mudah dibanding blog yang harus menerapkan berbagai cara. Di Youtube jumlah langkah untuk optimasi lebih sedikit sehingga cocok bagi kamu yang tidak ingin ribet bersaing.

Mudah untuk berpenghasilan
Youtube mudah untuk mendapat iklan dari Google dan bentuk iklan dalam video jauh lebih efektif. Ini menjadikan Youtuber lebih mudah juga untuk mendapatkan uang.

Tantangan jika menjadi seorang Youtuber

Membutuhkan modal yang lebih
Seorang Youtuber harus menyiapkan modal yang bisa dibilang lebih banyak dibanding Blogger. Karena akan ada banyak hal yang dibutuhkan, diantaranya kuota internet, komputer, aplikasi edit video, kamera, dan lain sebagainya yang juga disesuaikan oleh bagaimana video yang akan dibuat.

Harus memiliki ketrampilan multimedia
Ilmu dalam menjadi seorang Youtuber juga penting. Bagaimana jika tidak memiliki ketrampilan dan ilmu? mereka akan sedikit kesulitan dan mereka yang memiliki keahlian seperti mengedit video, pintar mengambil rekaman maka lebih terjamin lagi kesuksesanya di dunia Youtuber.

Harus memiliki waktu luang yang cukup
Banyak tahap untuk membuat satu video saja. Kamu harus mempersiapkan ide, bahan, merekam, upload, hingga proses untuk mempublikasikan. Tentu jika kamu termasuk orang yang sibuk profesi ini mungkin sedikit lebih menyulitkan.

Kesimpulan

Diantara Blogger dan Youtuber jelas mempunyai keunggulan dan kerugian masing-masing. Semuanya akan sulit jika dilakukan dengan bermalas-malasan.

Meski demikian tulisan diatas mungkin akan sedikit menambah wawasan kamu.

Lebih mudah menjadi seorang Youtuber atau Blogger? itu semua tergantung dengan masing-masing pribadi. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait

Pelajar SMA yang senang dengan olahraga, sasta dan teknologi

8 komentar

Kalau menurut saya blogger lebih terjmin, karena kita tidak harus membuat video yang ribet namun blog lebih lama

kalo gw punya pc spek dewa mah gw pilih youtube

Wah makasih banyak gan info nya , bermanfaat bgt 😘

kalau menurut saya blogger lebih unggul deh, apalagi kalau bisamengkombinasikan antara tulisan di blog dengan video di youtube. soal penghasilan mah emang sih menang vlogger tapi secara kualitas tlisan itu bakal tetap ada terus bro dan bisa diedit atau diperbaharui.

Kenapa? padahal jadi youtuber gak harus spek dewa loh, cuman ngeditnya aja mungkin gabisa pake software editor video yang berat

Wah bagus banget nih pendapatnya, thanks dah mampir

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan !
EmoticonEmoticon