Senin, 10 April 2017

Cara Mengatasi Baterai Android yang Boros

Cara Mengatasi Baterai Android yang Boros
Baterai pada berbagai perangkat masa kini merupakan salah satu benda yang paling penting. Salah satunya pada ponsel pintar. Ibarat makhluk hidup baterai merupakan nyawa, dan apabila tidak terdapat maka makhluk tersebut tidak akan bisa hidup atau jika pada alat yaitu tidak akan berfungsi.

Saat ini HP sudah memiliki beragam jenis, bentuk, kapasitas baterai, dan fitur yang berbeda antara yang satu dengan yang lain, termasuk sistem operasi yang digunakan. Jika beberapa waktu yang lalu OS (Operating System) pada telepon genggam sangat sederhana dan beragam, sekarang sudah berbeda. Hampir semua orang saat ini pasti memiliki HP dengan jenis smartphone atau ponsel pintar.

Dari berbagai merek atau produk dari ponsel pintar dengan kapasita baterai yang juga berbeda-beda saya rasa hanya ada tiga yang paling populer, dimulai dari yang pertama adalah Android, kemudian IOS, lalu Windows Phone. Akan tetapi tetap Android menjadi pilihan banyak orang.

Tips Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis

Kapasitas baterai sendiri dari berbagai jenis smartphone juga berbeda, biasanya dengan harga mahal serta kapasitas yang besar yang dipandang kebanyakan orang itu termasuk memiliki baterai yang awet. Padahal sebenarnya boros tidaknya baterai juga dipengaruhi oleh penggunaan. Nah, jika kamu ingin tahu bagaimana cara membuat baterai tidak boros ikuti tips berikut.

1. Gunakan dengan bijak

Poin yang pertama pasti sudah tentu akan mempengaruhi boros tidaknya baterai. Pada semua perangkat saja umumnya penggunaan yang lebih banyak akan cepat menghabiskan daya. Oleh karena itu kamu harus bisa memaksimalkan penggunaanya dengan baik.


2. Hindari memasang aplikasi terlalu banyak

Selain menggunakan dengan bijak, kamu juga harus menhindari memasang banyak aplikasi meskipun memori kamu masih cukup. Kalaupun terpaksa, kamu harus paham bagaimana cara mengelolanya. Hal itu karena biasanya aplikasi yang dipasang (meski tidak dibuka) akan terus berjalan di latar belakang. Akibatnya penggunaan baterai juga semakin besar tanpa disadari.

3. Pasang baterai dengan kapasitas yang cukup

Jika kurang puas dengan tips nomor satu dan dua, yang ketiga ini bisa kamu terapkan. Akan tetapi mungkin butuh modal karena kamu harus membeli (jika belum punya) baterai dengan kapasitas yang besar dan cocok untuk smartphone android kamu.

4. Matikan aplikasi dengan baik

Mungkin kamu sedikit bingung apa maksudnya dari mematikan aplikasi ataupun permainan dengan baik ini. Dan yang saya maksud ialah hindari kebiasaan keluar aplikasi dengan menekan tombol home yang biasanya pada android akan langsung menuju layar utama.

5. Gunakan fitur dengan tepat

Kamu harus memahami benar tentang hal ini. Banyak sekali fitur yang biasanya banyak fitur yang diaktifkan padahal tidak terlalu penting. Contoh akan hal itu adalah animasi pada sistem operasi, ataupun misalnya saja bluetetoth yang selalu dinyalakan. Hal tersebut pasti akan menjadikan baterai kamu lebih boros. Meski demikian jangan takut juga untuk menggunakan fitur yang ada kalau itu penting.

6. Gunakan aplikasi penghemat baterai

Kalau semua sudah kamu lakukan tapi masih pengen lagi membuat baterai lebih hemat, silahkan pasang aplikasi penghemat baterai yang sudah banyak di Google Play Store. Aplikasi seperti itu akan bekerja untuk menghemat daya biasanya dengan mengelola aplikasi yang berjalan dengan otomatis. Mudah bukan? silahkan dicoba.

7. Selalu siap Power Bank

Nah kalau yang terakhir ini adalah suatu usaha yang butuh alat lain, yaitu Power Bank. Itu akan sangat berguna sekali karena dapat menyimpan daya listrik yang kemudian bisa digunakan untuk mengecas ke HP sewaktu-waktu. Usahakan cari juga Power Bank yang memiliki penyimpanan banyak dan sesuai.

Begitulah cara membuat baterai HP gak boros. Meski demikian sebenarnya juga masih ada beberapa hal lain yang mempengaruhi boros tidaknya baterai. Akan tetapi hal tersebut tidak terlalu berpengaruh. Lagipula jika kamu bisa melaksanakan tips yang diatas saya rasa minimal pasti akan membuat baterai lebih hemat.

Artikel Terkait

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan !
EmoticonEmoticon