Selasa, 14 Maret 2017

Jenis Kejahatan Online Paling Populer

Macam-macam jenis tindak kejahatan online atau yang biasa disebut oleh banyak orang cyber crime sudah semakin menjadi. Kemajuan dunia teknologi sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan tindakan kejahatan yang mengandalkan jaringan ini.

Jenis Kejahatan Online Paling Populer

Internet merupakan jaringan paling digemari saat ini karena kemudahan dalam mengaksesnya dan juga berbagai kelebihan yang ada didalamnya. Namun tak jarang jaringan yang satu ini disalah gunakan. Bahkan sering kita temui saat ini kejahatan berbahaya yang asalnya dari internet.


Macam-macam Tindakan Kejahatan di Internet

Jenis dari tindakan kejahat yang berbasis media online atau jaringan internet juga memiliki keanekaragaman. Mulai dari yang bertujuan untuk keperluan pribadi, iseng, hingga menyangkut sebuah komunitas besar. Dan berikut inilah jenis-jenis kejahatan online.

Hacking

Yang pertama dan perlu kamu ketahui adalah hacking atau tindakan membajak. Hal tersebut dapat berupa pencurian data atau peretasan. Orang yang biasa melakukan kegiatan meretas atau sejenisnya tersebut biasa dijuluki sebagai Hacker.

Ada berbagai jenis tindakan hacking, dan berikut ini adalah bermacam-macam jenis tindak lanjut dari kegiatan hacking menurut zanify.net.

Meretas Akun

Tindakan hacking memiliki berbagai tujuan, salah satunya hanya untuk mencuri atau mengabil alih data-data saja. Biasanya hacker hanya akan menggunakan sebagai keperluan yang mungkin kurang penting atau iseng-iseng dan jangkauanya pribadi.

Namun tindakan yang satu ini perlu kamu waspadai karena juga akan berbahaya jika misalnya saja akun media sosial kamu dipakai dan disalahgunakan oleh orang lain.

Deface Website

Mungkin sudah sering kita jumpai kabar tentang situs yang tampilanya diganti. Hal tersebut disebut sebagai deface. Deface merupakan suatu tindakan lebih lanjut setelah meretas akun atau data.

Tindakan tersebut adalah untuk merubah atau mengacak-acak suatu website, utamanya tampilan. Orang yang melakukanya disebut sebagai Defacer. Target utama para Defacer biasanya adalah situs-situs terkenal dengan keamanan rendah.

Carding

Sebagian dari kamu mungkin saja belum terlalu paham apa maksudnya mencuri di internet. Mencuri untuk kekayaan yang saya maksud adalah meretas akun pembayaran, seperti rekening, visa, paypal, BTC, dan juga sejenisnya.

Biasanya orang yang melakukan hal tersebut dinamakan sebagai carder. Di Indonesia sendiri kegiatan carding juga banyak. Para pelaku akan membobol dan digunakan juga untuk keperluan pembelian.


Penipuan

Kalau yang satu ini sebenarnya bukan hanya salah dari si pelaku tapi juga karena korban yang kurang berhati-hati. Modus penipuan sendiri juga bermacam-macam, mulai dari penipuan saat jual beli online, hingga sebuah situs jebakan.

Jual Beli

Kegiatan jual beli online saat ini semakin berkembang pesat, di dunia maupun di indonesia. Hal ini ditunjukan dengan munculnya banyak situs toko online baru yang semakin marak. Namun perlu hati-hati dalam memilih situs toko online.

Tidak semua situs tersebut terpercaya, kebanyakan mereka akan menggunakan teknik harga yang murah untuk membuat korban tergiur.

Selain itu penipuan dalam jugal beli juga bisa dilakukan secara pribadi melalui kontak langsung antara akun korban dengan pelaku melalui media sosial. Oleh karena itu kita patut berhati-hati dalam memilih penjual di internet.

Phising

Phising merupakan sebuah aplikasi atau situs yang dapat diakses dengan jaringan internet. Dalam melakukan tindakan ini juga bisa disebut dengan scam page. Pelaku akan membuat sebuah situs yang seperti akan memberikan kejutan tetapi sebenarnya itu penipuan.

Target utama dari para pelaku biasanya adalah mencari sebuah akun kartu kredit, akun game, bahkan hingga akun media sosial dengan memberikan iming-iming berupa bonus dari apa yang berkaitan tersebut.

Spamming

Yang terakir adalah spamming. Spam merupakan sebuah tindakan yang dilakukan berulang-ulang. Istilah spam juga biasanya merujuk kepada hal yang kurang bermanfaat atau mengganggu. Meski dengan tujuan tidak untuk mencuri atau melakukan penipuan tindakan spamming juga bisa dikategorikan sebagai kejahatan.

Spamming biasanya dilakukan sebagai kegiatan promosi, namun sayangnya promosi tersebut dilakukan dengan cara kurang tepat dengan menbar kata-kata di berbagai situs di internet. Jelas hal ini sangat mengganggu para penikmat konten di Internet.



Dari berbagai  jenis tindak kejahatan online dengan media jaringan internet, maka kita sebagai pengguna layanan yang sedang berkembang pesat tersebut wajib berhati-hati dalam melakukan suatu aktivitas yang berhubungan dengan internet demi menjaga keamanan.

Karena yang terjadi atau imbas dari kejahat online ini sangat berbahaya dan mengancam pribadi maupun kelompok. Dan berikut ini sedikit pesan dari saya.

Jangan sekali-kali mencoba melakukan tindakan kriminal online, karena akan merugikan orang lain dan diri sendiri. Hukuman dari cyber crime sendiri bisa hingga penjara dalam waktu yang lama. Keamanan, dan pengawasan pihak tertentu juga semakin ketat. Berbijaklah menggunakan ilmumu didunia Internet!

Inilah artikel saya kali ini mengenai macam-macam nama kejahatan di internet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadikan kita semakin berhati-hati dalam berselancar di internet. Jika ada kritik, saran, ataupun pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dibawah. Terima kasih.

Artikel Terkait

2 komentar

kejahatan online memang semakin merebak sejalan dengan makin pesatnya perkembangan teknologi digital. Oleh karenanya kita semua perlu semakin berhati-hati

Iya, apalagi yang diserang tak memandang siapapun, semua bisa terkena kalau sampai gak hati-hati :D makasih dah mampir

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan !
EmoticonEmoticon