Rabu, 15 Maret 2017

Cara Supaya Artikel Tidak di Copas

Cara agar artikel tidak di copas oleh orang lain atau agar tidak di posting ulang di blog secara tanpa seizin pembuat konten yang asli dapat melalui berbagai langkah. Hal ini sebenarnya juga sangat diperlukan untuk meminimalisir konten yang duplikat di Internet.


Jika kamu seorang Blogger mungkin sudah sering kali menemui hal seperti ini, artikel di copas tanpa sumber, tanpa seizin, dan dijiplak secara keseluruhan. Bahkan akhir-akhir ini ada yang namanya autoblog yang bisa membuat postingan untuk blog sendiri dari artikel di blog orang lain secara otomatis.

Cara Supaya Artikel Tidak di Copas

Tindakan-tindakan seperti itu sangat merugikan, baik untuk si penulis konten yang asli, pencuri artikel, maupun pembaca.

Kerugian bagi si penulis artikel yang asli adalah artikel yang dicuri, sudah terlalu sulit untuk memikirkan sebuah ide akan tetapi saat di publikasi langsung di copas tanpa seizin terlebih dahulu. Jelas hal tersebut sangat merugikan.

Sementara itu kerugian bagi si pencuri artikel ialah menjadikanya sulit berkembang, tidak bisa mengasah kemampuan berfikir maupun mengetik. Selain itu orang tersebut akan di cap sebagai seorang plagiat atau penjiplak.

Untuk pembaca atau penikmat konten di internet juga bisa menjadikan sebuah kerugian, mereka akan sulit menemukan artikel yang asli, dan akan menemukan tulisan yang sama di berbagai situs. Hal tersebut menjadikan informasi yang ada di internet kurang berkualitas.

Oleh karena itu kita harus menjaga dan meminimalisir artikel agar tidak di copy paste sembarangan. Kamu bisa melakukan dengan menerapkan tips tentang cara agar artikel blog tidak di copas.


Tips Ampuh Supaya Postingan Blog Tidak di Copas

Dalam usaha untuk menghindari copy paste sembarangan ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan, dan berikut ini adalah cara supaya artikel tidak dicuri.

Tidak Membagikan Artikel di Media Sosial

Share artikel ke media sosial mungkin menurut beberapa Blogger merupakan salah satu cara mudah untuk mendatangkan pengunjung. Namun menurut saya cara tersebut sangatlah beresiko, terutama saat berbagi artikel di media sosial raksasa.

Artikel yang dibagikan di media sosial akan dilihat banyak orang, tapi perlu kamu ketahui bahwa dari berbagai orang yang melihat atau membaca tersebut bisa merupakan jalan seseorang untuk melakukan pencurian artikel.

Meskipun demikian kamu juga dipersilahkan untuk melakukan promosi melalui media sosial, terutama jika blog atau situs kamu sudah berkembang. Bagikan artikel kepada tempat yang tepat, dan hindari berbagi ke para penulis konten karena akan menambah presentase resiko terkena jiplak.


Gunakan Script Anti Copy Paste

Cara yang satu ini bisa dibilang teknik paling ampuh. Dengan menggunakan kode yang dipasang di blog untuk membuat artikel susah di copy paste pastinya akan menyulitkan para pencuri artikel. Berikut ini beberapa jenis kode yang dapat digunakan.

Script yang membuat seluruh laman blog tidak bisa diseleksi
Kode agar seluruh bagian dari situs tidak bisa diseleksi merupakan kode paling ampuh, dengan memasang kode tersebut blog kamu tidak akan bisa di copy paste dengan mudah karena tulisan yang ada tidak dapat di seleksi.

Script anti klik kanan
Script anti klik kanan meurpakan kode yang memnjadikan atau mematikan fungsi klik kanan pada blog. Orang dapat menyeleksi tetapi tidak dapat menyalin dengan klik kanan.

Lainya masih ada berbagai macam jenis lagi, misalnya anti  ctrl+c . Namun dari berbagai jenis script anti copas tersebut memiliki kekurangan masing-masing. Salah satunya menjadi tidak nyaman dan mungkin kurang disukai oleh google karena termasuk menutup elemen.

Buatlah Ciri Khas Tersendiri Dalam Menulis

Setiap situs pastinya mempunyai berbagai ciri-ciri yang berbeda, mulai dari tampilan hingga isi konten artikel yang ada didalamnya. Oleh karena itu gunakan juga bahasa dan gaya penulisan kamu sendiri agar menjadikan tulisanmu unik dan lain dari yang lain.

Misalnya dengan menggunakan kata khusus seperti
"Sobat, Zanifers, Gan, dan lain-lain".

Meski demikian jangan sampai asal-asalan dalam menulis sebuah postingan. Perlu kamu perhatikan juga kenyamanan pembaca dan juga pahami bagaimana penulisan yang baik dan disukai mesin pencari.

Pilih Judul Yang Unik dan Langka

Judul merupakan salah satu bagian paling penting dari sebuah artikel. Dalam pemilihanya kita harus pintar dengan mencari judul yang tepat agar sesuai. Judul artikel sebaiknya harus unik, dan langka, serta menggunakan kata-kata dan tanda baca yang bagus.

Judul yang unik adalah judul yang menggunakan kata-kata menarik sehingga mudah untuk memikat para calon pembaca.

Misalnya : Cara Ampuh Buat Pengunjung Jadi Banyak.

Kata ampuh disana sebagai salah satu kata yang menarik perhatian. Biasanya para calon pencuri artikel jika akan copy paste artikel tersebut menurutnya kurang tertarik dan memilih konten serupa dengan judul biasa.

Sementara itu judul yang langka adalah judul yang jarang di temui di internet. Buatlah artikel dengan judul yang mungkin jarang atau bahkan belum ada di dunia internet. Sehingga membuat artikel kamu unik dan akan dibaca oleh orang yang memang membutuhkan. 

Misalnya : Cara Membuat Piring dari Daun Pisang.

Adakah orang yang mencari artikel demikian? kemungkinan pasti ada, tapi tidak ada blog atau situs yang mengulasnya. Teknik inilah yang bisa kamu gunakan juga supaya artikel kamu tidak di copy paste.

Dari berbagai judul yang unik dan menarik tersebut astinya akan mengurangi resiko copy paste. Namun juga memiliki kekurangan tersendiri, yaitu akan lebih susah mendapat pengunjung dari artikel tersebut karena jarang orang yang mencari artikel seperti itu.

Gunakan DMCA Untuk Proteksi

Beberapa diantara para Blogger pasti sudah mengenal DMCA atau sekedar melihat widget yang terpasang pada suatu situs web. Sebagai salah satu cara untuk mencegah copy paste artikel, kita bisa melindungi postingan blog dengan DMCA Protection. 

DMCA (Digital Millenium Copyright Act) merupakan suatu perlindungan hak cipta kepada sebuah blog untuk mencegah duplikat konten.

Biasanya kita akan melihat efek dari DMCA saat sedang melakukan pencarian di Google. Artikel copas akan tidak ditanyangkan di mesin pencari tersebut. Hal ini bisa menjadi salah satu tips untuk mengurangi kerugian atas pencurian konten.



Kesimpulan dari berbagai cara supaya artikel tidak dapat di copy paste tersebut pastinya dijamin dapat mengurangi resiko artikel kamu di curi, akan tetapi semua itu juga memiliki kekurangan tersendiri disamping keunggulanya.

Apabila dalam membuat artikel sudah diusahakan seperti diatas tetapi masih di copy paste, gunakan langkah selanjutnya yaitu melaporkan blog yang copy paste. Cara tersebut diyakini juga ampuh membuat para pencuri artikel jera.

Artikel Terkait

4 komentar

Artikel saya pernah di copas lalu saya laporin aja ke DMCA dan alhamdulillah artikel copas di blog itu dihapus sama google. Menurut saya memasang kode anti copas adalah cara terbaik menghindari artikel di curi.

hmmm betul juga tuh,hehe...

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan !
EmoticonEmoticon