Jumat, Maret 17, 2017

4 Alasan Kenapa Game Bajakan Populer

4 Alasan Kenapa Game Bajakan Populer - Banyaknya Game Bajakan yang tersebar dipengaruhi oleh berbagai hal. Terutama di Indonesia, game bajakan sudah sangat biasa ditemui disini. Hampir seluruh game yang terpasang bahkan sistem operasi sekalipun seperti Windows juga versi bajakan.

3 Alasan Kenapa Game Bajakan Populer

Hal tersebut terjadi salah satunya karena kurangnya kesadaran para pengguna. Selain itu faktor teknologi yang semakin maju seperti layanan internet juga sangat memberikan dampak yang besar terhadap hal tersebut.

Padahal jika dibiarkan hal tersebut juga melanggar, karena telah merugikan berbagai pihak, terutama bagi perusahaan yang bersusah payah membuat game.

Meski demikian sebarnya sudah banyak upaya dari berbagai pihak untuk menghilangkan game bajakan, namun yang terjadi hanyalah mengurangi. Berikut inilah alasan mengapa game bajakan bisa tersebar dan digemari.

Penyebab Game Bajakan Sering Ditemui

Adapun beberapa alasan kenapa game bajakan sangat sering kita jumpai di sekitar kita, bahkan sebnarnya bukan hanya game saja, melainkan software sekalipun. Dan berikut ini adalah beberapa alasan kenapa jumlah game bajakan banyak.

1. Gratis

Jelas, poin nomor satu ini merupakan salah satu yang paling banyak menjadi alasan penyebab kenapa hal ini bisa terjadi. Semua orang jika menemui kedua barang yang bisa didapat dengan gratis atau berbayar pasti akan memilih yang gratisan.

Hal tersebut wajar, karena tidak menguras uang. Paling-paling hanya modal kuota untuk mengunduh atau bahkan tanpa apapun karena minta ke teman.

Selain itu penikmat game di berbagai negara bukan dari kalangan orang  dewasa, akan tetapi seperti di negara kita anak-anak justru terlihat lebih ketagihan memainkan game. Apalagi game online, bocah setingkat SD saja sudah banyak yang level atau pangkatnya didalam game besar.

2. Mudah didapat

Game bajakan sangat mudah didapat. Ditambah faktor teknologi yang sangat maju yaitu jaringan internet membuat semakin gampang dalam mencari game secara gratis. Para orang cerdik yang ingin mencari uang lewat internet dan juga bisa membobol lisensi game saling berlomba-lomba membuat game berbayar menjadi gratis dengan crack.

Mereka mencari keuntungan juga melalui situs yang dimilikinya dengan memasang iklan hingga kepada laman unduhan. Oleh karena itu wajar jika kita sering menemui blog download yang penuh iklan.

Selain karena itu, kemudahan dan kecepatan mengakses internet yang semakin berkembang membuat orang-orang semakin paham akan teknologi. Mengunduh sebuah game versi bajakan juga semakin cepat, yang akibatnya penjual game original gak laku.

3. Nyaris gak ada bedanya sama yang asli

Versi dari game original dan bajakan yang sama menjadikan juga para gamers memilih memainkan game yang haram tersebut. Memang sih beberapa developer game membuat berbagai program untuk mengatisipasinya seperti Denuvo.

Namun apalah daya para cracker semakin pintar juga, alhasil game yang diberi proteksi kuta dan sebelumnya dikatakan tidak akan bisa dibajak berhasil dilumpuhkan oleh kelompok cracker dengan nama CPY.

Meski begitu ada juga kekurangan dari game bajakan dan berbeda dengan versi orisinil pada beberapa game, terutama yang berbasis online. Saat memainkan secara online pada sejumlah game maka permainan tersebut tidak bisa berjalan dengan semestinya, seperti keluar otomatis, atau berbagai kejutan lainya dari pihak perancang.

4. Kurangnya kesadaran pengguna

Kesadaran dari berbagai golongan merupakan suatu masalah yang sangat sulit dibenahi dan memiliki pengaruh yang besar akan adanya game bajakan. Sebenarnya hal ini juga bisa dibilang terpaksa karena berbagai alasan pada poin sebelumnya.

Untuk pihak developer, yang membobol game, perantara, hingga ke pengguna memiliki berbagai kerugian tersendiri. Bagi perusahaan yang mengembangkan game tersebut pastinya akan membuat versi original menjadi kurang laku.

Bagi golongan pembobol, perantara, dan gamers seharusnya mereka sadar bahwa tindakan tersebut melawan hukum dan juga sama dengan tidak menghargai sebuah hasil karya. Bahkan untuk pemain game tidak bisa menggunakan yang berupa versi bajakan sebagus dan semudah versi original. Game bajakan cenderung susah juga dalam menginstall.



Sebenarnya masih sangat banyak lagi faktor yang mungkin mempengaruhi beredarnya game bajakan semakin mudah. Ada juga kerugian lain yang berdampak sangat buruk bagi pihak tertentu. Namun sepertinya hanya sekian saja sudah cukup ntuk menambah wawasan.

Jika ada kesempatan kemungkinan artikel ini akan saya perbarui, dan jangan lupa jika ada kritik, saran serta pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar yang berada dibawah ini. Terima kasih.

Artikel Terkait

Pelajar SMA yang senang dengan olahraga, sasta dan teknologi

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan !
EmoticonEmoticon