Selasa, 28 Februari 2017

Dampak Buruk Copas Artikel Bagi Seorang Blogger

Menulis artikel bukanlah suatu hal yang mudah, melainkan perlu ada juga ilmu dalam bidang yang dituliskan agar karya tersebut memiliki isi yang bagus dan bermanfaat. Seperti halnya di dunia ngeblog, banyak sekali para Blogger yang masih saja menjadikan copy paste artikel sebagai kebiasaan.


Memang sih dari hampir keseluruhan Blogger mungkin pernah menjiplak suatu artikel orang lain, bahkan saya sendiri juga pernah. Biasanya itu terjadi saat seseorang baru mengenal dunia ngeblog. Nah, kalau sudah lama ngeblog tapi masih copas berarti ilmunya masih kurang, atau dia termasuk orang yang senang berbuat curang.

Maka dari itu jika kamu masih pemula jangan sampai salah melangkah, karena kebiasaan mencuri tulisan orang lain tersebut adalah tindakan yang salah, dan berikut ini adalah akibat yang akan ditimbulkan jika copy paste artikel.

Dampak Buruk Copas Artikel Bagi Seorang Blogger


 Dampak Buruk Terhadap Blog 


Sebab dari artikel hasil copy paste dari postingan atau blog orang lain akan menyebabkan dampak yang sangat buruk, salah satunya bagi blog dengan konten plagiat itu sendiri. Nah, untuk lebih detailnya mengenai hal tersebut silahkan simak berikut ini.

1. Dibenci oleh Mesin Pencari

Yang pertama ini jelas kemungkinan besar pasti akan terjadi. Situs web milikmu akan mendapatkan kerugian dari mesin pencari. Misalnya saja Google, maka blog kamu akan susah muncul di Google Search Engine.

Seluruh artikel dan blog kamu akan sulit masuk mesin pencari seperti Google meski sudah melakukan submit ke Google Search Console, maupun dengan cara lainya. Hal tersebut akan sangat merugikan, dan yang terjadi hanyalah berbagai efek negatif lainya.

2. Sulit Mendapatkan Pengunjung

Sebelumnya kamu harus mengetahi darimana pengunjung blog itu datang. Jika sobat berpikir datangnya masih bisa dengan cara promosi, entah melalui media sosial atau lainya berarti pemikiran seperti itu harus dibenahi. Pengunjung sulit memahami isi artikel karena antara postingan yang satu dengan lainya memiliki kata-kata yang jauh berbeda dan tidak memiliki ciri khas tersendiri.

Jangan meremehkan mesin pencari dan juga ilmu SEO. Dengan optimasi pada mesin pencari itu akan jauh lebih mudah karena hanya beberapa langkah saja jika artikel dan blog kamu berkualitas pasti akan masuk halaman pertama. Alhasil kamu sudah gak perlu spam di media sosial kesana kesini. Hanya beberapa langkah dan tinggal nunggu, makan pengunjung bisa datang.

Selain itu dengan isi artikel yang bisa dibilang hasil curian, biasanya para pengunjung akan sulit untuk merasa nyaman dengan situs kita. Jadi meskipun kamu mebagikan artikel di media sosial tetapi artikelnya gak buatan sendiri, kemungkinan besar pengunjung akan lebih memilih ke artikel di situs lain yang lebih bagus dan asli.

3. Di Cap Sebagai Blog Copas

Semua blogger pasti gak mau kalau blognya terkenal dengan artikelnya yang buruk, copas, gak konsisten, bahkan dijadikan sebagai bahan olok-olok dan berbagai resiko lainya.

Oleh karena itu jangan sering melakukan kegiatan copy paste artikel untuk diposting di blog, apalagi artikel yang disalin belum tentu juga berkualitas dan bermanfaat. Bahkan tak jarang berbagai artikel yang di curi tidak unik, tidak menarik, dan tidak terlalu berguna bagi pembaca. Maka yang terjadi hanyalah menurunkan kualitas blog.


4. Sulit Untuk Di Jadikan Sumber Penghasilan

Kebanyakan blogger juga menjadikan blognya menjadi sumber penghasilan, salah satunya melalui iklan. Namun bagi blog copas itu akan sangat sulit, bahkan untuk daftar Google Adsense saja hampir tidak mungkin akan diterima.

Selain menggunakan perusahaan periklanan yang besar, dengan menawarkan periklanan kepada pereroanganpun juga akan sulit. Siapa sih yang mau ngiklan di situs dengan artikel hasil copy paste? jawabanya pasti gak ada, kalau ada mungkin sangat jarang banget ditemui dan kurang efektif.

5. Blog Di Hapus Secara Paksa

Bagi sebagian orang yang paham akan ilmu ngeblog pastinya mengetahui akan hal ini. Yap, blog kamu bisa dihapus oleh penyedia layananya, misalnya blogger. Hal tersebut bisa terjadi karena tinjaun sendiri dari Google atau laporan orang lain karena konten kamu yang tidak orisinil.


 Dampak Buruk Terhadap Diri Sendiri (Pemiliki Blog/Blogger) 


Selain akibat yang diterima terhadap blog, ada juga nih akibat yang akan diterima bagi si pemiliknya. Berikut ini adalah dampak buruk blogger plagiat.

Baca juga : Laptop Gaming Harga Murah Terbaru dan Terbaik 2017

1. Sulit Untuk Berkembang

Poin yang nomor satu ini terlihat sepele, dan mungkin bisa diremehkan. Namun ilmu yang terkandung didalam kegiatan blogging itu sendiri padahal sangat berharga. Percuma kalau bisa ngeblog tapi hanya copas sana sini saja.

Banyak sekali ilmu ngeblog yang seharusnya didapat jika tidak copas, diantaranya adalah ilmu SEO, menulis artikel, desain blog, dan berbagai ilmu lainya. Salah satunya kreatifitas.

2. Merasa Malas

Bagaimana mau tidak makin malas, kalau ngeblog tanpa tantangan karena mengandalkan orang lain. Akhirnya aktifitas ngeblogpun menjadi suatu hal yang membosankan. Padahal bahaya banget yang satu ini, kalau sudah malesan makan yang terjadi adalah blog semakin tidak terurus.

3. Di Cap Sebagai Tukang Copas

Hampir sama dengan poin nomor tiga pada dampak buruk terhadap blog. Namun kali ini bisa jadi lebih mengerikan. Kamu akan menjadi lebih sulit untuk mengembangkan bakatmu tersebut.
Dimana-mana kamu bisa dikenal sebagai seorang plagiat, alhasil tidak ada blogger lain yang bisa berteman baik denganmu.

Mereka juga akan memusuhi serta selalu membuat kamu dibayang-bayangi rasa takut. Apalagi kalau blog kamu sampai dilapotkan dan dihapus secara paksa seperti pada poin nomor lima pada dampak buruk bagi blog copas.


Kesimpulan

Menjadi seorang blogger itu sebenarnya sangat menyenangkan, namun jangan sampai salah jalur. Selain itu jika kamu masih pemula dalam dunia blogging, alangkah baiknya kamu pelajari terlebih daulu panduan ngeblog biar gak salah melangkah.


Hargailah karya orang lain jika kamu ingin dihargai


Itulah penjelasan dari saya mengenai Akibat atau Dampah Buruk Copy Paste Artikel untuk Postingan Blog. Semoga setelah membaca artikel saya ini bisa mendambah wawasan dan bermanfaat. Sekian saja yang mungkin bisa saya sampaikan. Terima kasih.

Artikel Terkait

2 komentar

Saya pertama kenal dunia blogging memang suka copy paste. Tapi sekarang sudah sadar bahwa konten hasil copy paste itu tidak baik. Btw terima kasih penjelasannya.

wajar lah gan, saya sendiri dulu juga....tapi syukurlah bisa hilang kebiasaan buruk ini

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan !
EmoticonEmoticon