Rabu, Februari 22, 2017

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot - Laptop merupakan salah satu alat atau sarana hasil perkembangan teknologi. Kebanyakan orang memilih laptop dibandingkan komputer karena berbagai kemudahanya. Namun sayangnya karena salah satu keunggulanya yaitu bentuk yang simpel menjadikan komponen-komponen didalamnya sulit digunta-ganti, berbeda dengan PC Desktop yang komponenya mudah di otak-atik.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Oleh karena itu dengan berkembangnya aplikasi atau software yang semakin berat menjadikan laptop jadul tidak bisa menyesuaikan dan lemot. Saya sendiri pernah mengalami hal ini, namun sebenarnya penyebabnya masih ada lagi yang bahkan lebih mengerikan, salah satunya virus.

Maka dari itu pada artikel ini saya akan berbagi cara mengenai tips memperbaiki laptop yang lemot yang cukup ampuh dalam menangani laptop yang kinerjanya lambat atau sering lag menjadi lebih lancar. Langsung saja silahkan simak berikut ini.



Cara Mengatasi Laptop yang Lemot



1. Gunakan Antivirus Terbaru

Belakangan ini sering terdengar bahwa virus merupakan ancaman paling berbahaya dan marak penyebaranya dimana-mana, ditambah lagi sekarang internet sudah lebih berkembang menjadikanya salah satu asal mula virus menyusup ke sistem yang ada di laptop.

Namun perlu kamu perhatikan untuk jangan sembarangan menggunakan antivirus. Install antiviru satu saja sudah cukup tetapi yang benar-benar mampu menghalangi kerusakan karena virus. Jangan lupa untuk selalu gunakan software antivirus versi yang terbaru.

2. Scan Virus Sesering Mungkin

Setelah kamu memasang aplikasi antivirus, jangan lupa untuk mengaktifkan program tersebut dan sering-seringlah mengscan laptop, terutama adalah file-file yang berada di bagian penyimpanan sistem operasi, karena disanalah letak sasaran berbagai macam virus berbahaya.

Dengan begitu kamu bisa menghapus file-file hasil scan yang merupakan virus. Untuk lebih bagusnya beri jadwal secara rutin untuk melakukan scan, misalnya satu minggu satu kali atau gunakan antivirus yang memiliki fitur terjadwal sehingga memudahkan kamu dalam menyapu malware berbahaya.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

Terlalu banyaknya aplikasi yang terpasang merupakan salah satu penyebab kenapa laptop lemot. Hal ini biasanya masih sering diabaikan oleh beberapa orang, padahal secara tidak sadar banyak program yang berjalan secara otomatis dari berbagai aplikasi tersebut. Hal iini menjadikan kinerja RAM pada laptop semakin berat, dan pada akhirnya kinerja sistem laptop menjadi lambat.


4. Kurangi Menyimpan File pada Partisi Sistem

Maksud dari mengurangi disini adalah dengan tidak menyimpan berbagai file ke dalam memori sistem, misalkan pada Windows bisanya terletak pada Disk C, maka kalau bisa justru pndahkan file-file ke partisi yang lain.

Namun perlu kamu ketahui, jangan asal memindah atau menghapus file dari tempat sistem karena jika salah dapat menyebabkan kinerja sistem error. Oleh karena itu pindahkan saja terutama dari folder download, pictures, maupun documents dengan file berupa gambar, teks, mp3, serta video, kemudian pindahkan dan hapus yang tidak perlu.

5. Bersihkan File Sampah

File sampah yang saya maksud adalah cookies serta cache. Agar lebih mudahnya kamu bisa menginstall berbagai software pembersih. Salah satunya adalan CCleaner, yang dapat mendeteksi file-file sampah dan dapat juga langsung menghapusnya.

6. Cek Komponen Bagian Dalam

Meski kebanyakan penyebab laptop yang kinerjanya lambat adalah dari dalam, tapi sebaiknya kamu juga melakukan cek terhadap komponen-komponen laptop yang berada di dalam.

Jangan lupa juga selain mengecek dari bagaimana kondisi komponen tersebut bersihkan juga bagian komponen dan sekitarnya dari kotoran.

7. Gunakan Software Utility

Software Utility adalah aplikasi khusus yang digunakan untuk mengoptimasi kinerja pada laptop, dengan begitu maka laptop juga akan dipercepat kinerjanya. Salah satu contoh softeware utility adalah TuneUp Utilities, SystemSuite, BoostSpeed, Advanced System Optimizer (ASO), Advanced SystemCare.

8. Install Ulang Sistem Operasi

Jika seluruh bagian sudah dicek dan sepertinya terlihat baik-baik saja namun laptop masih sering lag, silahkan install ulang sistem operasi kamu. Jika kesulitan melakukanya sendiri bawah saja pada tempat servis komputer terdekat.


Setelah kamu membaca artikel diatas, jangan lupa untuk menerapkanya. Mungkin hanya sampai sini saja yang bisa sampaikan meskipun sebenarnya masih ada banyak lagi solusi mengatasi laptop yang lemot salah satunya adalah  melepas baterai pada laptop, mematikan animasi pada OS Windows dan berbagai cara lainya. Terima kasih.

Artikel Terkait

Pelajar SMA yang senang dengan olahraga, sasta dan teknologi

10 komentar

Terima kasih telah menambah wawasan saya sob. Memang sangat sebal jika laptop tiba-tiba lemot, aktifitas di dunia maya bisa terganggu, hehehe.

nice artikel gan! dicoba dulu

aisshh .. memang jengkel banget kalo laptopnya lemot .. makasih infonya gan , sangat membantu

Nice Bro, cocok banget buat PC ane

Sama-sama, laptop yang lag memang mengganggu banget.

makasih gan, dan silahkan praktik

Tips nya boleh di coba nih...

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan !
EmoticonEmoticon